Stiker 3D Lambang Kraton Jogja Ukuran 6 cm

Rp 8.000

Rp 7.000

Stiker 3D Lambang Kraton Jogja Ukuran 6 cm Reviewed by Eliza Qolila on . This Is Article About Stiker 3D Lambang Kraton Jogja Ukuran 6 cm

Kraton Yogyakarta memiliki lambang atau simbol kerajaan yang dijunjung tinggi masyarakat Mataram. Simbol tersebut sarat akan makna serta filosofi yang membawa pada kesejahteraan dan kejayaan kraton. Lambang tersebut dikenal dengan nama Praja Cihna. Praja Cihna dibuat oleh Sultan Hamengku Buwono I yang berasal dari bahasa Sansekerta. Praja berarti abdi negara,… Selengkapnya »

Rating: 5.0
    Kode Produk:
    Stok Tersedia
    Detail Produk
    09-04-2020

    Kraton Yogyakarta memiliki lambang atau simbol kerajaan yang dijunjung tinggi masyarakat Mataram. Simbol tersebut sarat akan makna serta filosofi yang membawa pada kesejahteraan dan kejayaan kraton. Lambang tersebut dikenal dengan nama Praja Cihna.
    Praja Cihna dibuat oleh Sultan Hamengku Buwono I yang berasal dari bahasa Sansekerta. Praja berarti abdi negara, sedang Cihna berarti sifat sejati. Secara harfiah Praja Cihna bermakna sifat sejati seorang abdi negara.
    Praja Cihna yang digunakan sekarang memiliki 8 unsur pembentuk dengan makna dan filosofi sesuai dengan peraturan keraton No.5/KHSW/1989, dikeluarkan pada 29 Rejeb Wawu 1921 (7 Maret 1989) sbg berikut :
    1. Songkok/Mahkota
    Penutup kepala yang dikenakan oleh prajurit melambangkan watak ksatria yang juga merupakan sifat seorang raja.
    2. Sumping/Hiasan Telinga
    Perhiasan yang diselipkan ditelinga. Ceplik/Giwang yang berbentuk seperti bunga matahari, melambangkan kehidupan. Daun Keluwih berasal dari kata “luwih” yang berarti kelebihan. Makara, melambangkan perlindungan untuk keselamatan kraton.
    3. Praba/Sorot Cahaya
    Melambangkan pribadi yang dapat menegakkan kehormatan Jawa Mataram.
    4. Lar/Sayap
    Melambangkan Cita-cita tinggi, setinggi langit.
    5. Tameng
    Senjata untuk melindungi diri pada saat perang. Warna merah melambangkan keberanian tanpa meninggalkan kewaspaan untuk membela kebenaran.
    6. Tulisan Ha Ba
    Aksara Jawa ‘Ha’ dan ‘Ba’ merupakan singkatan dari gelar Sultan yang bertahta di Keraton Yogyakarta. Gelar tersebut penuh dengan harapan luhur agar mampu melindungi, membela, serta mewujudkan kemakmuran rakyat. Warna Kuning keemasan menunjukan keagungan.
    7. Sekar Padma/Bunga Padma
    Bunga Teratai yang mengambang diatas air menggambarkan kehidupan dunia yang mendasari kehidupan di akhirat.
    8. Tumbuhan Sulur
    Menggambarkan kehidupan berkelanjutan laksana sulur yang terus-menerus tumbuh merambat.

    There are no comments yet, add one below.

    Berikan Komentar/Review Anda

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Form yang wajib di isi ditandai *

    Produk Terkait

    Produk Lainnya