Gantungan Spion Kraton Kuningan

Rp 49.000

Gantungan Spion Kraton Kuningan Reviewed by Eliza Qolila on . This Is Article About Gantungan Spion Kraton Kuningan

Makna Lambang Keraton atau yang dikenal dengan nama Praja Cihna : Praja Cihna dibuat oleh Sultan Hamengku Buwono I yang berasal dari bahasa Sansekerta. Praja berarti abdi negara, sedang Cihna berarti sifat sejati. Secara harfiah Praja Cihna bermakna sifat sejati seorang abdi negara. Aksara Jawa : Aksara Jawa yang berada‚Ķ Selengkapnya »

Rating: 1.0
    Kode Produk:
    Stok Tersedia
    Detail Produk
    23-12-2019

    Makna Lambang Keraton atau yang dikenal dengan nama Praja Cihna :
    Praja Cihna dibuat oleh Sultan Hamengku Buwono I yang berasal dari bahasa Sansekerta. Praja berarti abdi negara, sedang Cihna berarti sifat sejati. Secara harfiah Praja Cihna bermakna sifat sejati seorang abdi negara.

    Aksara Jawa :
    Aksara Jawa yang berada di tengah Praja Cihna berupa huruf Ha dan Ba yakni singkatan dari Hamengku Buwono yang berarti memangku atau mengayomi bumi. Aksara Jawa tertulis tegak menjadi simbol kebudayaan asli bangsa juga jati diri Kraton Yogyakarta.

    Mahkota :
    Mahkota di atas lambang bermakna pemimpin pemerintahan. Sultan sebagai raja merupakan pimpinan tertinggi dan memiliki tanggungjawab untuk memelihara menuju tatanan kehidupan bernegara dan bermasyarakat yang lebih baik.

    Sayap Garuda :
    Dua sayap burung garuda di kiri dan kanan menggambarkan keagungan serta kewibawaan kraton yang tegas, kuat juga pantang menyerah.

    Bunga Padma :
    Bunga teratai atau Padma melambangkan kebijaksanaan dan kekuatan prinsip. Teratai merupakan tanaman yang memiliki akar kuat, walau hidup di air sekalipun namun tumbuhan ini tak akan pernah hanyut dan tetap kokoh di tempatnya berpijak.

    Tumbuhan Sulur :
    Tumbuhan Sulur yang hidup merambat melambangkan kejayaan dan kemuliaan kebudayaan bangsa nusantara yang lestari berkembang dan bermanfaat bagi bangsa serta rakyat yang beraneka ragam.

    Warna :
    Warna emas dalam Praja Cihna merupakan simbol keluhuran, sedangkan warna merah di tengah berarti berani.

    There are no comments yet, add one below.

    Berikan Komentar/Review Anda

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Form yang wajib di isi ditandai *

    Produk Terkait

    Produk Lainnya